Manfaat Mandi Air Hangat Yang Jarang Orang Tahu

Manfaat Mandi Air Hangat Yang Jarang Orang Tahu

Masterpendidikan.com – Saat cuaca dingin, mandi air hangat adalah salah satu cara untuk menghangatkan tubuh. Sama seperti mandi air dingin yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh, mandi menggunakan air hangat juga bagus untuk kesehatan. Sehingga tidak ada salahnya jika pagi hari kamu mandi dengan air dingin untuk menyegarkan tubuh, dan sore hari dengan air hangat untuk meredakan stres akibat padatnya aktivitas. Selain meredakan stres, nyatanya mandi air hangat juga memiliki manfaat lainnya yang jarang orang tahu. Berikut beberapa diantaranya.

Manfaat Mandi Air Hangat

Ada beberapa manfaat mandi air hangat yang jarang orang tahu, seperti berikut ini:

  1. Mampu menurunkan tekanan darah

Dengan mandi air hangat, sirkulasi darah dalam tubuh akan lebih lancar, sehingga tekanan darah pun akan menurun dan mampu mencegah masalah jantung hingga stroke. Namun bagi yang telah memiliki gangguan jantung, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter karena mandi dengan air hangat juga mampu meningkatkan denyut jantung.

  1. Mampu mengatasi sakit kepala dan flu

Tidak hanya menurunkan tekanan darah, mandi air hangat juga mampu mengatasi sakit kepala dan flu. Karena air hangat dapat mengurangi tekanan pembuluh darah sehingga aliran darah pun akan lebih lancar serta dapat mengurangi sakit kepala. Uap pada air hangat pun merupakan dekongestan alami yang dapat melawan dahak dan sakit tenggorokan.

  1. Mengatasi insomnia

Air hangat mampu memberikan rasa rileks dan kantuk, sehingga sangat cocok untuk kamu yang mengalami insomt karena dengan mandi air hangat, tidurmu akan lebih pulas.

  1. Mengurangi stres

Air hangat juga mampu merangsang otak dalam memproduksi oksitosin yang berfungsi untuk melawan cortisol, hormon yang menyebabkan stres.  Sehingga kamu akan lebih tenang, rileks dan stres pun dapat berkurang.

  1. Menjaga kesehatan sendi dan tulang
BACA JUGA :   13 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia Secara Umum

Untuk kamu yang ingin menjaga kesehatan sendi dan tulang pun dapat memanfaatkan air hangat Karena dengan mandi air hangat, dapat meredakan osteoarthritis dan sendi – sendi kaku lainnya.

Itulah beberapa manfaat yang jarang orang tahu. Dengan begitu kamu bisa lebih yakin untuk mandi dengan air hangat, bukan? Semoga bermanfaat dan bisa menambah informasi untuk kita semua.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi