4 Prinsip Geografi Dan Contohnya Lengkap

4 Prinsip Geografi Dan Contohnya Lengkap

4 Prinsip Geografi Dan Contohnya Lengkap – Pada batasan-batasan dari ilmu geografi dapat dilihat akan adanya prinsip yang dipergunakan dalam mempelajari geografi tersebut. Dan Prinsip-prinsip ini menjadi dasar pengkajian dan pengungkapan, uraian, faktor, gejala, variabel dan masalah goegrafi. Serta adapun prinsip-prinsip yang menjadi pegangan dalam geografi adalah sebagai berikut:

4 Prinsip Geografi Dan Contohnya Lengkap
4 Prinsip Geografi Dan Contohnya Lengkap

1. Prinsip Distribusi atau Penyebaran

Prinsip yang awal digunakan dalam menelaah serta mengkaji gejala dan fakta dari geografi merupakan prinsip distribusi atau penyebaran. Kenapa geografi menganut prinsip ini dikarenakan adanya persebaran fenomena geografi yang tidak merata di permukaan bumi. Fenomena ini berupa tumbuhan, manusia, hewan dan alam.

Misal, penyebaran potensi air yang sangat berbeda dari satu tempat dengan tempat lainnya, penyebaran limbah cair dari dalam tanah, penyebaran polusi udara dan masih banyak lagi lainnya.

2. Prinsip Interelasi (Keterkaitan)

Perinsip yang kedua ini yaitu mengurai hubungan yang saling terikat didalamnya. Geografi menganut prinsip dikarenakan adanya suatu hubungan yang saling terkait di antara manusia dan alamnya. Interelasi ini dapat terjadi antara manusia dengan manusia, alam dengan alam, maupun alam dengan manusia.Dengan melalui hubungan tersebut, pengungkapan karakteristik dari gejala atau fakta geografi wilayah tertentu juga dapat dilakukan

Misal, Fenomena banjir yang sering terjadi akibat banyaknya penebangan hutan di wilayah hulu atau kekeringan yang berkepanjangan sebagai dampar dari adanya La Nina.

3. Prinsip Deskripsi (Penggambaran)

Ketika pola dari penyebaran suatu fenomena dan keterkaitannya dalam suatu ruang, tugas dari geografi selanjutnya ialah mendeskripsikan hal-hal tersebut. Geografi pula menganut prisnip ini ditujukan agar menggambarkan fenomena geosfer yang memerlukan deskripsi baik melalui table, tulisan, gambar atau grafik yang telah disajikan melalui gejala, fakta, dan masalah sebab-akibat secara kualitatif maupun kuantitatif.

BACA JUGA :   Karakteristik Lapisan Bumi

Misal, peta dari persebaran lempeng tektonik di dunia.

4. Prinsip Korologi

Prinsip Korologi yaitu gabungan dari ketiga prinsip diatas yang telah disebutkan. Dalam prinsip ini gejala dan permasalahan geografi dianalisis persebarannya, interaksi dan interelasinya dari berbagai aspek yang mempengaruhinya. Prinsip korologi, adalah prinsip geografi yang komprehensip, dikarenakan memadukan prinsip-prinsip lainnya. Prinsip ini merupakan ciri dari geografi modern.

Sekian ulasan tentang Prinsip-prinsip dari geografi semoga dapat menambah wawasan kita.

You May Also Like

About the Author: admin