17 Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

17 Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

17 Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli – Filsafat ialah ilmu tentang seluruh fenomena kehidupan manusia dan berpikir kritis, dan dijelaskan dalam konsep dasar. Filsafat tidak dipahami lebih baik dengan melakukan eksperimen, dan eksperimen, namun untuk mengungkapkan masalah yang tepat, mencari solusi untuk masalah itu ialah dengan alasan dan alasan yang tepat juga untuk solusi tertentu. Akhir dari proses tersebut ialah dimasukkan ke dalam proses dialektika. Untuk ilmu filsafat, pemikiran logis mutlak diperlukan, dan bahasa logika.

17 Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

Logika merupakan ilmu yang sama-sama dipelajari dalam matematika dan filsafat. Itu membuat filsafat akan menjadi ilmu di tangan, nuansa khusus ditandai sisi kanan filsafat, yakni spekulasi, keraguan, rasa ingin tahu, dan bunga. Filsafat juga dapat berarti perjalanan ke hal terdalam, sesuatu yang biasanya tidak tersentuh oleh disiplin ilmu lain dengan sikap skeptis mempertanyakan segala sesuatu.

Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli

1.Menurut Aristoteles
Filsafat ialah ilmu atau pengetahuan yang meliputi kebenaran yang berisi ilmu metafisika, retorika, logika, etika, ekonomi, politik dan estetika atau filsafat keindahan.

2. Menurut Immanuel Kant
Filsafat merupakan ilmu atau pengetahuan yang merupakan dasar dari semua pengetahuan dalam meliput isu-isu epistemologi (filsafat pengetahuan) yang menjawab pertanyaan mengerai apa yang dapat kita ketahui.

3. Menurut Al Farabi
Filsafat yakni ilmu atau pengetahuan tentang sifat bagaimana sifat sesungguhnya dari kebenaran.

4. Menurut Rene Descartes
Filsafat ialah kumpulan semua pengetahuan bahwa Allah, manusia dan alam menjadi pokok dari penyelidikan.

5. Menurut Plato
Filsafat merupakan ilmu yang mencoba untuk mencapai pengetahuan tentang kebenaran yang sebenarnya.

6. Menurut Langeveld
Filsafat ialah berpikir tentang masalah final dan menentukan, yakni tentang masalah makna keadaan, Tuhan, kebebasan dan keabadian.

BACA JUGA :   Pengertian Denah, Unsur-Unsurnya Beserta Fungsi dan Contohnya

7. Menurut Hasbullah Bakry
Filsafat ialah ilmu yang meneliti secara mendalam mengenai ketuhanan, manusia dan alam semesta untuk menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana alam dapat dicapai sejauh pikiran manusia dan bagaimana perilaku manusia yang seharusnya setelah mencapai pengetahuan itu.

8. Menurut N. Driyarkara
Filsafat ialah refleksi yang mendalam tentang penyebab ‘di sana dan melakukan’, refleksi dari realitas atau reality jauh ke dalam ‘mengapa’ penghabisan itu.

9. Menurut Ir. Proedjawijatna
Filsafat merupakan ilmu yang berusaha untuk menemukan penyebabnya deras untuk segala sesuatu dengan pikiran belaka.

10. Menurut Notonegoro
Menurutnya, Filosofi yang meneliti hal-hal yang menjadi objek inti dari sudut mutlak (di), yang tetap serta tidak berubah, yang juga disebut dengan alami.

11. Menurut Johann Gotlich Fickte
Filsafat sebagai Wissenschaftslehre atau ilmu dari ilmu-ilmu , yaitu ilmu umum, yang menjadi dasar segala ilmu. Ilmu yang membicarakan sesuatu bidang atau jenis kenyataan. Filsafat memperkatakan seluruh bidang dan seluruh jenis ilmu dengan mencari kebenaran dari seluruh kenyataan.

12. Paul Nartorp
Menurut Paul Nartorp Filsafat sebagai Grunwissenschat atau ilmu dasar hendak menentukan kesatuan pengetahuan manusia dengan menunjukan dasar akhir yang sama, yang memikul sekaliannya .

13. Bertrand Russel
Filsafat ialah sesuatu yg berada di tengah-tengah antara teologi dan sains. Sebagaimana dengan teologi, filsafat berisikan tentang pemikiran-pemikiran mengenai masalah-masalah pengetahuan definitif tentangnya, sampai sangat jauh, tidak bisa dipastikan, akan tetapi seperti sains, filsafat lebih menarik perhatian akal manusia daripada otoritas tradisi maupun otoritas wahyu.

14. Prof. Dr. Ismaun, M.Pd
Filsafat merupakan usaha pemikiran dan renungan manusia dengan akal dan qalbunya dengan sungguh-sungguh , yakni secara kritis sistematis, fundamentalis, universal, integral dan radikal untuk mencapai dan menemukan kebenaran yg hakiki yakni pengetahuan, dan kearifan atau kebenaran yg sejati.

BACA JUGA :   Pengertian Sistem Ekonomi Campuran

15. Harold H. Titus
Filsafat merupakan sekumpulan sikap dan kepecayaan terhadap kehidupan dan alam yg biasanya diterima dengan tidak kritis. Filsafat merupakan suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yg dijunjung tinggi.

16. Marcus Tullius Cicero (106 SM – 43SM) politikus dan ahli pidato Romawi
Beliau merumuskan Filsafat ialah pengetahuan tentang sesuatu yang maha agung dan usaha-usaha untuk mencapainya.

17. Prof. Dr. Fuad Hasan, guru besar psikologi UI
Beliau menyimpulkan: Filsafat ialah suatu ikhtiar untuk berpikir radikal, itu artinya mulai dari radiksnya suatu gejala, dari akarnya suatu hal yang akan dimasalahkan. Dan dengan jalan penjajakan yang radikal itu filsafat berusaha untuk sampai kepada kesimpulan-kesimpulan yang universal.

Itulah sekilas 17 Pengertian Filsafat Menurut Para Ahli, terima kasih telah menyempatka membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami, dan anda bisa meninggalkan jejak pada komentar dibawah.

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka