Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi dan Contohnya

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi dan Contohnya

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi dan Contohnya – Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Seni Rupa 3 Dimensi atau biasa disingkat 3D. Dan berikut ini merupakan penjelasan tentang Seni Rupa 3 Dimensi :

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Seni Rupa ialah cabang dari seni yang membentuk suatu karya seni dengan media yang dapat ditangkap/dilihat dengan mata dan dirasakan dengan rabaan, dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, serta pencahayaan dengan acuan estetika.

Seni rupa 3 dimensi sendiri merupakan karya seni yang dibatasi tidak hanya dengan sisi panjang dan lebarnya saja, Namun juga dibatasi oleh kedalaman. Atau dalam bahasa yang sederhana yaitu merupakan karya seni yang memiliki ruang. Unsur ruang inilah yang akan menjadi pembeda antara karya seni rupa 2 dimensi dengan seni rupa 3 dimensi.

Jenis Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Dilihat dari fungsi tujuan dari pembuatannya, karya seni rupa 3 dimensi sendiri dibagi menjadi 2 (dua) yaitu : seni rupa murni dan seni rupa terapan.

Seni Rupa Murni

Seni rupa murni sendiri merupakan karya seni yang menonjolkan pada keindahannya dibandingkan dengan fungsi daripada bendanya tersebut. Sehingga karya seni rupa murni ini hanya dapat dinikmati keindahannya saja. Contoh dari seni rupa murni 3 dimensi ini yaitu : patung.

Seni Rupa Terapan

Seni rupa terapan sendiri merupakan karya seni yang maksud serta tujuannya untuk mempermudah hidup manusia, tetapi di sisi lain tetap memiliki nilai keindahan atau estetika. Contohnya benda yang biasa di pakai dalam kehidupan sehari-hari yaitu seperti peralatan dapur, arsitektur dan sebagainya.

BACA JUGA :   13 Fungsi Hati Bagi Tubuh Manusia Secara Umum

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi dan Contohnya

Berikut ini kami sajikan beberapa contoh seni rupa 3 dimensi, yaitu :

1. Monumen
2. Patung
3. Tugu
4. Arsitektur
5. Alat Dapur
6. Dan lainnya

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi dan Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka