Pengertian, Penyebab, Jenis, Tanda dan Gejala Menopause

Posted on

Pengertian, Penyebab, Jenis, Tanda dan Gejala Menopause – Kali ini kita akan membahas tentang Menopause. Apa itu Menopause, untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak ulasan dibawah ini :

Pengertian Menopause

Berasal dari bahasa Yunani yakni “men” dan “pausis” yang berarti haid atau menstruasi. Ini ialah akhir dari proses biologis dai siklus menstruasi. Ini ialah proses biologis dai siklus menstruasi karena terjadi perubahan hormon yakni penurunan produksi hormon estrogen yang dihasilkan ovarium.

Pengertian, Penyebab, Jenis, Tanda dan Gejala Menopause

Dengan turunnya hormon estrogen menyebabkan siklus mens tidak teratur, ini bisa dijadikan petunjuk akan terjadinya menopause. Ini diartikan sebagai haid terahir, dengan tejadinya menopause maka ada hubungan dengan pertama haid, semakin muda kita pertama haid maka semakin lambat menopause terjadi “mulyani,2014”.

Penyebab Menopause

Wanita memiliki persediaan sel telur dengan jumlah yang terbatas dan masa menopause terjadi saat ovarium sudah kehabisan sel telur dan ini akan menyebabkan produksi hormon dalam tubuh teganggu yakni dengan berhentinya produksi hormon seks wanita yang tidak lain merupakan hormon estrogen dan progresteron.

Karena turunnya fungsi hormon dalam tubuh maka akan menyebabkan terjadinya fungsi tubuh seta gejala – gejala menopause akan muncul dan terasa meski mens masih datang. Pada saat itu maka akan mulai terlihat adanya perubahan pada haid yang bisa saja menjadi lebih lama atau singkat dan jumlah darah yang keluar tidak konsisten yakni relatif lebih banyak dari sebelumnya.

Jenis Menopause

– Menopause Prematur

Menopause yang terjadi saat usia dibawah 40 tahun, ini ditandai jika terjadi penghentian masa mens sebelumnya tepat pada waktunya dibarengi dengan tanda hot flushes dan peningkatan kadar hormon gonadotopin. Jika tanda-tanda itu tidak terjadi maka perlu adanya tindak lanjut kembali penyebab lain yang mengganggu ovarium. Menopause prematur terjadi disebabkan oleh gangguan gisi, herediter, penyakit menahun yang akan menyebabkan kerusakan pada kedua ovarium.

– Menopause Normal

Menopause yang terjadi saat usia dakhir 40 tahun atau diawal 50 tahun.

– Menopause Telambat

Biasanya batas usia terjadinya menopause ialah 52 tahun, namun jika ada seorang wanita yang masih ada siklus haid atau dalam arti masih mengalami haid diusia 52 tahun.

Tanda dan Gejala Menopause

– Perubahan Pola Mens atau Pendarahan

Pendarahan merupakan keuarnya daah dari vagina, gejala ini umumnya akan terlihat pada awal permulaan masa menopause, pendarahan akan terlihat beberapa kali dalam waktu beberapa bulan dan pada akhirnya akan berhenti.

– Rasa Panas atau Hot Flush

Rasa ini akan dirasakan mulai dari wajah hingga seluuh tubuh, selain rasa panas, biasanya juga disertai dengan wana kemeahan pada kulit dan berkeringat. Rasa pans ini akan mengganggu pola tidur wanita sehingga akan kekurangan tidur. Rasa panas ini akan berlangsung dalam 30 detik sampai lima menit. Keluhan akan berkurang dengan tubuh yang menyesuaikannya.

– Berkeringat Pada Malam Hari

Ini karena Hot Flush, semua wanita akan memhalami hal ini, mungkin saja akan terasa seolah suhu meningkat dengan tiba-tiba sehingga akan menyebabkan kemerahan dan keringat yang mengucur diseluruh tubuh. Ini tidak membahayakan dan akan cepat hilang.

– Munculnya Kerutan pada tubuh.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Penyebab, Jenis, Tanda dan Gejala Menopause, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...