Pengertian, Tujuan, Fungsi, Syarat dan Tugas Reporter

Posted on

Pengertian, Tujuan, Fungsi, Syarat dan Tugas Reporter – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Reporter. Apa Definisi dari Reporter, dan apa tugasnya. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Reporter

Repoter sendiri merupakan salah satu jabatan dari kewartawanan yang memiliki tugas untuk melakukan peliputan berita, atau lebih tenar dengan sebutan news gathering, adapun peliputannya sendiri berada dilapangan dan melaporkannya ke pada publik, baik itu dalam bentuk tulisan untuk media cetak maupun untuk situs berita di internet, atau juga secara lisan jika laporannya disampaikan dengan melalui media elektronik radio atau televisi. Dan hasil kerja dari repoter, baik itu naskah tulisan ataupun lisan, umumnya laporan dari reporter tersebut harus melalui penyuntingan redaktur atau produser berita sebelum dapat disiarkan kepada publik.

Pengertian, Tujuan, Fungsi, Syarat dan Tugas Reporter

Tujuan Dan Fungsi Reporter

Berikut ini tujuan dan fungsi dari reporter, yaitu :

  1. Mengungkap latar belakang berita atau background information.
  2. Menjelaskan keterkaitan berita satu dengan berita yang lainnya.
  3. Mencari persoalan dibalik peristiwa dan berita.
  4. Membuka cakrawala pemahaman yang lebih luas dari pembaca atau khalayak.
  5. Lebih mengungkap aspek why dan who.

Syarat Utama Seorang Reporter

Adapun syarat utama bagi seorang reporter adalah sebagai berikut :

  • Vitalis
  • Menguasai ilmu komunikasi
  • Harus menaati berbagai regulasi jurnalistik.

Tugas Repoter

Melihat dari tugasnya yang begitu mulia dengan mencari informasi dalam mengungkapkan suatu kebenaran. Maka dari itu tugas dari seorang repoter sangat penting. Mengapa demikain ? Karena seorang reporter itu merupakan seseorang yang sangat dibutuhkan ketika akan memberitakan suatu informasi kepada khalayak. Namun bagaimana berita itu dapat diketahui akan kebenarannya.

Dari informasi yang telah diperoleh para reporter, akan diolah menjadi sebuah produk berita yang layak dan pantas dikonsumsi khalayak. Adapun sumber dari segala berita berasal dari masyarakat yang kemudian dikumpulkan, dihimpun serta dirangkum menjadi satu oleh reporter yang selanjutnya disebarluaskan kembail ke pada masyarakat. Tanpa disadari reporter merupakan penghubung antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lainnya, dengan cara memberikan berbagai informasi yang bermanfaat.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Tujuan, Fungsi, Syarat dan Tugas Reporter, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...