10 Pelabuhan Terbesar di Indonesia

10 Pelabuhan Terbesar di Indonesia

Posted on

10 Pelabuhan Terbesar di Indonesia – Indonesia merupakan negara dengan perairan terluas dengan garis pantai terpanjang. Bisa kita lihat pantai dan laut yang membentang dari Sabang hingga Marauke. Indoneisa memiliki pelabuhan yang sangat mengesankan bagai manat tidak mengesankan arena di setiap pulau terdapat pelabuhan tersendiri. Dengan melihat letak geografis geografis negara kita yani negara kepulauan tidak heran jika negara kita memiliki banyak pelabuhan. Berikut kita akan membahas tentang 10 pelabuhan terkenal atau terpopuler di Indoneisa.

1. Pelabuhan Tanjung Priok

Tanjung Priok ialah pelabuhan yang letaknya di sebelah utara Propinsi DKI Jakarta, ini merupakan pelabuhan yang ersibuk di Indonesia kecuali dalam mengangkut penumpang, kegiatan yang ada di pelabuhan ini juga padat dengan kegiatan angkutan barang yang nsuk dari luar negara dan dalam pulau. Pembangunan pelabuhan ini diawali saat berjlannya pengendapan lumpur di muara Ciliwung di pertengahan tahun 1960, ini menjadi sebauh masalah untuk banyak kapal untuk berlabuh di Pelabuhan Sunda Kelapa. Karena kejadian ini maka Tanjung Priok menjadi ruang alternatof karena lokasinya yang hanya 9 kilo dari Sunda Kelapa.

2. Pelabuhan Merak

Pelabuhan ini memiliki letak yang strategis yakni menghubungkan Pulau JAwa dan Pulau Sumatera yang terpisah oelh selat sunda. Pelabuhan ini jadi pintu masuknya dari Provinsi Lampung untuk masuk ke Pulau Sumatera dengan Provinsi Banten di Jawa atau sebaliknya. Setiap hari ada ratusan perjalanan kapal feri dari Merak menuju ke Balauheni di Lampung dan sebaliknya.

3. Pelabuhan Tanjung Perak

Pelabuhan ini ialah pelabuhan kedua teramai setelah pelabuhan Tanjung Priok. Setiap hari pelabuhan yang terletak di Surabaya ini kedatangan beberapa ratus kapal. Pelabuhan satu ini menghubungkan Surabaya dengan kota – kota pelabuhan lain di Indonesia. Pelabuhan ini dibangun mulai tahun 1910.

4. Pelabuhan Bakauheni

Pelabuhan ini menajdi pelabuhan utama mengungat letaknya yang menghubungkan Sumatera dan Jawa. Pelabuhan yang erletak di kecamatan Bakauheni Kab. A;mpung Selatan ini di datangi beberapa ratus kapal setiap hari. Kapal feri yang berlabuh di sini biasanya melayani berbagai jasa penyebrangan angkutan umu dan darat seperti truk – truk barang, bus penumpang, barang atau mobil dan mtoro milik pribadi.

5. Pelabuhan Tanjung Mas

Pelabuhan Tanjung Mas berada di Semarang, Jawa Tengah. Pelabuhan ini memiliki luas 500 hektar dan memiliki banyak alat seperti alat untuk Alur Pelayaran, Kolam Pelabuhan, Gudang, Dermaga dan Terminal. Di ruang yang ada di pelabuhan ini terdapat sutau mercusuar yang bernama Willem 3. MErcusuar ini dibangun pada tahun 1884 dalam wilayah pealbuhan Tanjung Mas oleh pemerintah kolonial Belanda dalam rangka menajdikan Semarang sebagai kota pelabuhan dan dagang.

6. Pelabuhan Ketapang

Pelabuhan ini ialah pelabuhan khusus kapal feri yang terletak di Kab Banyuwangi, Jawa Timur. Pelabuhan Ketapang menjadi pintu masuk dari pulau Bali dan sebaliknya melaui selat Bali. Setiap hari terdapat beberapa ratus feri yahg berlabuh di pelabuhan ini.

7. Pelabuhan Harbour Bay

Jika kita berkunjung ke Pulau Batam tidak asik rasanya jika kita berkunjung ke Pelabuhan Harbour Bay. Pelabuhan yang satu ini tidak seperti pelabuhan biasanya apa lagi ditambah pemandangannya saat tengah malam hari. Dari pelabuhan ini kita bisa menyaksikan lampung – lampung yang berjajar di sepanjang pelabuhan. Saat ini pelabuhan satu ini menjadi salah satu tempat wisata di Pulau Batam.

8. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pasar ikan atau pelabuhan Sunda Kelapa ialah slah satu pelabuhan dengan cerita peristiwa panjang bagi Kota Jakarta. Ini karena pelabuhan satu ini sudah ada sejak era kerajaan Padjajaran atau kurang lebih pada abad 12. Awalnya pelabuhan ini dinamakan Pelabuhan Kelapa. Pelabuhan ini menjadi salah satu pelabuhan utama untuk keluar masunya barang ke Jakarta yang letika itu dikuasai oleh kerajaan Padjajaran dan awal tahun 1970 naama KElaap diubah menjadi Sunda Kelapa.

9 Pelabuhan Batam Center

Tidak sama dnegan pelabuhan Harbour Bay, pelabuhan ini lebih didominasi oelh kapal – kapal lat yang mengangkut barang. Beberapa barang yang berasal dari Singapura dan Malaysia yang di impor akan melalui pelabuhan ini. Jadi jangan heran jika tidak sedikit kita bisa menjumpai barang – banrang impor di pelabuhan ini dan penjual yang banyaj menjual barang dnegan harga murah di daerah pelabuhan ini. Sekarang ini ada dua macam kapal feri yang beroprasi yakni Batam Fast dan Penguin dnegan jadwal keberangkatan han[ir setiap jam dari jam 06.00 hingga 21.00

10 Pelabuhan Soekarna – Hatta Makassar

Kota Makassar menamai pelabuhannya dnegan nama bapak proklamator kita yakni Soekarno – Hatta. Pelabuhan satu ini dikelola oleh PT. Pelindo dan terdapat terminal peti kemas. Terminal ini ialah wilayah keluar masuknya barang dari negara lain atua dari provinsi lain ke Makassar.

Sekian penjelasan dari kami tentang 10 Pelabuhan Terbesar di Indonesia, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...