10 Pulau Terbesar DI Indoensia

10 Pulau Terbesar Di Indoensia

Posted on

10 Pulau Terbesar Di Indoensia – Indonesia ialah salah satu negara Asia Tenggara yang berbentuk kepulauan dengan luas wilayah mencapai 1.904.569 km 2. Jumlah dari keseluruhan pulau mencapai lebih dari 17.000 pulau. Dari jumlah tersebut terbagi dalam pulau – pulau kecil dan pulau – pulau besar.

Indoneisa sangat luas, terbentang dari Sabang di bagian barat hingga Marauke di bagian timur. Indineisa juga merupakan negara kepulauan terbesar, dari seluruh jumlah pulau yang ada di Indonesia tidak semuanya berpenghuni, kira – kira hanya 6 ribu pulau saja yang berpenghuni, bahka terdapat beberapa pulau kecil yang belum mempunyai nama.

Indonesia memiliki lima pulau terbesar yang memiliki total wilayah yang luas. Jika hanay lima saja yang kita lihat maka kita akan menyebutkan Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua dan smeua ornag sudah tahu itu. Akan tetapi jika kita menanyakan 10 pulau terbesar di Indonesia pasti banyak dari kita yang belum tahu soal ini, Bahkan tiga diantara lima pulau terbesar yang ada di Indoneisa masuk dalam pulau terbesar di dunia.

10 Pulau Terbesar dan Terluas Di Indonesia

1. Papua

Pulau terbesar pertama ialah Papua, pulau ini memiliki luas 785.753 km persegi, terbagi dalam dua provinsi yakni papua dan Papua Barat. Papua bahkan menempati urutan ke dua pulau terbesar di dunia setelah Greenland. Pulau ini memiliki nama lain yakni New Guinea atau Gunini dan Irian Jaya. Wilayah pulai ini dimiliki oleh dua negara yakni Indoneisa di sebelah barat dan Papua Nugini di bagian timur. Titik tertinggi pulau ini ialah Puncak Jaya yang juga telah menjadi gunung tertinggi di Indonesia.

2. Kalimantan

Kalimantan ialah pulau terluas ke dua di Indonesia dan terluas ke tiga di dunia, nama lainnya ialah Borneo. Kalimantan memiliki luas wilayah 748.168 km persegi, terbagi dalam lima provinsi yakni Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara dan Kalimantan Timur.

Wialayh kalimantan dimiliki oleh tiga negara sekaligus yakni Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Puncak tertinggi di pulai ini ialah Gunung Kinabalu dengan tinggi hingga 4.095 meter.

3. Sumatera

Sumatera merupakan pulau terbesar ke tiga terluas di Indoensia dengan luas pulau mencapai 473.481 km persegi, terbagi dalam sepuluh privinsi yakni Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung.

Selain dnegan nama Sumatera, pulau ini juga dikenal dengan nama NAdalas dan Tanah Melayu, Puncak tertinggi di pulau ini ialah gunung Kerinci dengan ketinggian hingga 3.805 Meter diatas permukaan laut.

4. Sulawesi

Pada urutan ke empat ditempati oleh Sulawesi dengan luas wilayah 180.681 km persegi, terbagi dalam enam provinsi yakni Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara. Pulau ini menempati peringkat ke sebelas pulau terluas di dunia.

Nama lain dari pulau ini ialah Celebes dnegan puncak tertingginya ialah GUnung Rantemario dnegan ketinggian hingga 3.478 meter diatas permukaan laut.

5. Jawa

Urutan keima ditempati oleh pulau Jawa dengan luas 138.794 km persegi, terbagi dalam enam privinsi yakni Banten, Jawa Barat, Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia yakni mencapai 60 % total dari populasi Indonesia. Bahkan pulau ini termasuk pulau dnegan jumlah penduduk terbanyak di dunia dan dalah satu pulau yang paling padat.

Pulau ini menjadi pusat ekonomi dan pemerintahan di Indoneisa dnegan tingkat pembangunan yang masif.

6. Timor

Di tempat ke enam ada Timor, dengan luas wilayah sebesar 28.418 km persegi, hanya memiliki 1 provinsi yakni Nusa Tenggara Timur. Jika lima pulau terbesar diatas tidak dihitung maka pulau ini ialah pulau terbesar di Indonesia. Pulau ini dimiliki oleh dua negara yakni Indonesia dan Timor Leste.

Dahulu TImor LEste masuk dalam provinsidi Indonesia sebelum pada akhirnya memisahkan diri menjadi negara merdeka pada tahun 1999.

7. Halmahera

Halmahera ialah salah satu pulau di Indonesia yang terletak di bagian timur dengan luas wilayah 18.040 km persegi sehingga Halmahera ialah pulau terbesar di Kepulauan Maluku. Bagian dari wilayah administratif dari provinsi Maluku Utara. Di pulau ini juga terdapat banyak daerah pertambangan yang menjadi sumber pemdapatan bagi warga setempat.

8. Seram

Pulau ini menjadi bagian dari Provinsi MAluku di Indonesia Timur, dengan luas wilayah 17.454 km persegi dan terletak di Utara kota Ambon. Memiliki tiga kabupaten yakni Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Timur, dan Kabupaten Seram Bagian Barat.

Di pulau Seram terdapat banyak pelabuhan termasuk pelabuhan yang digunakan warga untuk mencari ikan. Pualu ini memiliki pegunungand an hutan tropis.

9. Sumbawa

Pulau ini memiliki luas 14.386 km persegi dan masuk dalam pulau ke sembilan terbesar di Indonesia. Pulai ini menjadi bagian dari provinsi Nusa Tenggara Barat dan juga menjadi bagian dari Kepulauan Nusa Tenggara. LEtaknya berdekatan dnegan Lombok dan Pulau Komodo.

Pulau ini dikenal memiliki kenampakan alam yang sangat indah dengan puncak tertinggi ialah Gunung Tambora yang merupakan gunung berapi aktif dengan tinggi hingga 2.824 meter diatas permukaan laut.

10. Flores

Pulau ini menempoti urutan kesepuluh pulau terluas di Indonesia dengan luas wilayah 14.154 km persegi dan urutan ke 60 pulau terluas di dunia, pulau ini menjadi bagian dari provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dalam bahasa Portugis Flores artinya Bunga dengan nama asli dari pulau ini zaman dulu ialah Pulau Nipa. Di pulau ini juga banyak gunung aktif.

Sekian penjelasan dari kami tentang 10 Pulau Terbesar DI Indoensia, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...