Pembagian Zona Waktu Di Indonesia

Pembagian Zona Waktu Di Indonesia

Posted on

Pembagian Zona Waktu Di Indonesia – Wilayah Indonesia ialah negara kepulauan terbesar di Asia Tenggara dengan luas wilayah sekitar 1,9 juta km persegi. Letaknya yakni 95 derajad dari Bujur Timur hingga 141 derajas Bujur Timur. Karena bentang wilayah yang luas maka terdapat pembagian waktu di Indonesia yang berbeda.

Zona waktu di Indoensia terbagi dalam tiga bagian yakni WIB atua Waktu Indonesia Barat, Wita atua Waktu Indonesia Bagian Tengah dan WIt atau Waktu Indoneisa Timur. Hal ini juga sudah disepakati dalam Kepres Nomor 41 Tahun 1987. Berikut penjelasan dari masing – masing zona waktu tersebit.

Waktu Indonesia Barat atau WIB

Waktu Indonesia bagian Barat terletak pada garis 105 derajad Bujur Timur. Beberapa pulau yang masuk dalam zona waktu ini ialah Sumatera, Jawa, Kalimantan tengah dan Kalimantan Barat juga Madura. Provinsi yang masuk dalam zona waktu ini ialah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Yogyakarta, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jambi, Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, LAmpung, kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Perbedaan waktu untuk setiap provinsi dalam zona waktu ini ialah satu jam, sehingga di setiap provinsi yang di sebutkan tadi maka terdapat selisih waktu selama satu jam degan wilayah yang terdapat dalam zona wkatu bagian tengah. Akan tetapi dengan zona wkatu bagian timur maka selisih waktunya ialah dua jam. Dan yang perlu kita ketahui zona waktu ini juga sama dnegan pembagian waktu internasional dan Indonesia Barat ini seperti Greenwich yang mempunyia selisih waktu lebih dari 7 jam zona waktu.

Waktu Indonesia Tengah atau WITA

ZOna waktu ini terletak pada garis 120 derajad Bujur Timur. Pembagian zona wkatu ini mencakup beberapa pulau yang terdapat di Indonesia seperti Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, SUlawesi, Nusa Tenggara BArat, dan Nusa Tenggara TImur. Provinsi yang masuk dalam zona waktu ini antara lain Bali, Kalimantan TImur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Selawesi Tenggara, Sulawesi utara dan Gorontalo.

Pembagian zona waktu yang ada di wilayah ini sangat berbeda dengan pulau lainnya, jika di daerah dlam zona waktu ini menunjukan pukul 10 maka di bagian barat akan menunjukan pukul 9 dan di bagian timur akan menunjukan pukul 11.

Waktu Indonesia Timur atau WIT

Zona waktu ini berada di bentangan garis sepanjang 135 derajad Bujur Timur. Wilayah yang masuk dlam zona wkatu ini ialah pulau MAluku dan Papua. Terdapat beberapa provinsi dalam zona wkatu ini yakni Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. Selisih waktu di bagian timur dengan bagian barat mempunyia sleisih waktu selama dua jam dan dengan bagian tengah hanya satu jam.

Pembagian waktu ini karena adanya perbedaan garis bujur karena karid ini yag menyebabkan perbedaan waktu di tempat belahan dunia. Setiap 15 derajad perbedaan maka akan menyebabkan perbedaan waktu selama 24 jam karenanya kenapa ada pembagian waktu di Indonesia . Ini karena beberapa wilayah memiliki derajad bujur yang berbeda seperti diuraikan di atas.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pembagian Zona Waktu Di Indonesia, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...