Pengertian Bullying Beserta Dampak Yang Ditimbulkan

Pengertian Bullying Beserta Dampak Yang Ditimbulkan – Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Bullying, dewasa ini sering marak terjadi yang namanya Bullying. Namun banyak dari kita yang belum paham apa itu Bullying, untuk menambah wawasan serta agar lebih paham tentang Bullying. Silahkan simak penjelasan dibawah ini :

Pengertian Bullying

Bullying ialah sebuah aktivitas yang dilakukan oleh beberapa atau sekelompok orang dengan bertujuan untuk memojokkan seseorang / kelompok lain yang tidak termasuk kedalam kelompok tersebut, dengan nada merendahkan dan mengolok-ngolok, bahkan sampai melakukan kekerasan fisik.

Pengertian Bullying Beserta Dampak Yang Ditimbulkan

Bullying juga biasanya terjadi bukan akibat dari rasa marah ataupun sebuah konflik yang tidak terselesaikan. Namun bullying itu lebih merujuk kepada rasa superioritas sehingga pihak yang melakukan aktivitas bully merasa bahwa dirinya dan kelompok adalah yang paling kuat dan memiliki hak untuk menghina, merendahkan, dan melecehkan orang lain, serta bertindak semena-mena terhadap korban yang memiliki posisi lebih lemah.

Dampak Bullying

Bullying bisa mengancam setiap pihak yang terlibat, baik itu mereka yang di bully, anak-anak yang mem-bully, dan anak-anak yang menyaksikan bullying, bahkan sekolah juga akan terkena imbas karena isu bullying secara keseluruhan.

Bullying juga dapat membawa pengaruh buruk terhadap kesehatan fisik ataupun mental anak. Pada kasus yang berat, bullying bisa menjadi pemicu dari tindakan yang fatal, seperti bunuh diri.

Dampak Negatif

Anak-anak yang menjadi korban bullying akan jauh lebih berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, baik itu secara fisik maupun mental. Adapun masalah yang lebih mungkin diderita oleh anak-anak yang menjadi korban bullying antara lain, sebagai berikut :

  • Munculnya berbagai masalah mental, yaitu seperti depresi, kegelisahan serta masalah tidur, dan masalah ini mungkin akan terbawa korban bullying beranjak hingga dewasa.
  • Keluhan kesehatan fisik, yaitu seperti sakit kepala, sakit perut dan ketegangan otot.
  • Akan merarasa tidak aman saat berada di lingkungan sekolah.
  • Terjadi penurunan semangat belajar dan penurunan prestasi akademis.
  • Dalam kasus yang cukup langka, anak-anak korban bullying mungkin akan menunjukkan sifat kekerasan.
BACA JUGA :   Pengertian Integrasi dan 2 Bentuk Integrasi Sosial Serta Ciri-Cirinya

Dampak Positif

Disamping adanya dampak negatif, bullying juga dapat mendorong untuk munculnya berbagai perkembangan positif bagi anak-anak yang menjadi korban bullying. Anak-anak dari korban bullying cenderung akan :

  • Akan jauh lebih kuat dan tegar dalam menghadapi suatu masalah yang dihadapi.
  • Termotivasi untuk menunjukkan potensi mereka agar tidak lagi direndahkan dan diremehkan.
  • Terdorong untuk berintrospeksi diri.
  • Meskipun ada dampak positifnya, tidak dibenarkan untu melakukan Aktifitas Bullying.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian Bullying Beserta Dampak Yang Ditimbulkan, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka