Gemar Dengan Makanan Asin? Berikut Dampak Buruknya yang Wajib Kamu Ketahui

Dampak buruk yang gemar makanan asin

Gemar Dengan Makanan Asin? Berikut Dampak Buruknya yang Wajib Kamu Ketahui – Camilan yang terpajang pada minimarket atau toko – toko yang ada memang terkadang terlihat menggiurkan. Apalagi untuk beberapa orang yang gemar mengonsumsi makanan – makanan ringan daripada makanan pokok seperti nasi dan lauk pauknya. Karena camilan ataupun snack dapat mengobati rasa lapar untuk sementara serta memiliki rasa nikmat yang bisa membuat kita tak berhenti mengunyah.

Namun, kita juga harus mempertimbangkan hal lainnya jika terlalu banyak mengonsumsi camilan atau snack apalagi yang memiliki cita rasa asin.

Alasan Orang Menyukai Makanan Asin

Makanan yang mengandung sodium tinggi akan membuat penikmatnya menjadi kecanduan. Karena seperti yang penjelasan oleh penelitian Australia pada tahun 2011. Saat mengonsumsi sodium otak kita secara otomatis akan meresponnya seperti respon terhadap nikotin sehingga tidak heran jika banyak orang yang ketagihan memakan makanan asin.

Dampak Buruk dari Makanan Asin

Umumnya orang mengetahui bahwa garam bisa menyebabkan tekanan darah tinggi jika mengkonsumsi dengan cara yang tidak tepat. Terlebih bila terlalu banyak mengonsumsinya. Padahal, selain itu masih ada dampak buruk lainnya yang dapat terjadi jika kita terlalu gemar mengkonsumsi makanan asin dengan kandungan sodium yang tinggi, seperti berikut ini.

Menyebabkan penyakit diabetes

Selain faktor genetik dan tidak sehatnya pola makan, penyakit diabetes juga bisa karena terlalu banyak mengonsumsi makanan asin. Karena asupan garam yang terlalu tinggi dapat pengaruhi tekanan darah yang mana penderita diabetes juga dipengaruhi faktor tersebut.

BACA JUGA :   Pengertian, Penyebab, Jenis, Tanda dan Gejala Menopause

Berpengaruh pada kesehatan tulang

Penggunaan garam yang terlalu banyak ternyata juga berpengaruh pada kesehatan tulang, karena garam dapat menghilangkan kalsium dan akhirnya mengurangi ketahanan tulang.

Terkena penyakit gagal ginjal

Kamu yang terlalu sering mengonsumsi makanan asin harus lebih waspada agar tidak terkena penyakit gagal ginjal. Karena rasa asin oleh garam mempunyai potensi tinggi untuk terkena penyakit berbahaya ini.

Rentan terkena penyakit kanker perut

Garam yang menumpuk pada usus akan menumbuhkan bakteri H.pylory dengan cepat, sehingga dapat menyebabkan penyakit lambung bahkan kanker perut.

Itulah beberapa dampak buruk yang dapat terjadi jika kita sering mengonsumsi makanan asin yang mengandung garam. Tentunya kita semua tidak ingin terkena penyakit berbahaya tersebut, jadi mulai sekarang kita harus lebih memperhatikan takaran pada asupan garam yang masuk ke tubuh kita perharinya.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi