Beberapa Cara Mengatasi Mata Lelah

Beberapa Cara Mengatasi Mata Lelah

Masterpendidikan.comBeberapa Cara Mengatasi Mata Lelah. Sering kali saat kita terlalu lama menatap layar komputer atau laptop, mata kita menjadi lelah, dimulai dengan gejala mata menjadi berair, nyeri, pedih, gatal bahkan tiba – tiba pandangan menjadi kabur. Dan ada beberapa orang yang sampai merasakan nyeri pada punggung, leher hingga pusing kepala.

Tidak hanya ketika terlalu lama menatap layar komputer, mata lelah saat ini lebih dipacu karena penggunaan gadget yang terlalu sering. Seperti yang kita tahu dan alami, penggunaan gadget saat ini lebih banyak menyita banyak banyak waktu dengan berbagai aktivitas didalamnya misalnya saja yang paling umum dilakukan dengan smartphone yaitu menonton youtube yang mana kita bisa menjadi lupa waktu dan berkelanjutan menonton konten – konten serupa.

Cara Mengatasi Mata Lelah

Jika sudah seperti itu, kita akan merasakan mata lelah yang dapat mengganggu akitifitas kita nantinya. Untuk itu, selain mengurangi melakukan hal – hal yang dapat membuat mata lelah kita juga harus tahu cara mengatasi mata lelah, seperti beberapa cara berikut yang bisa kamu terapkan saat mulai merasakan gejalanya.

1. Kompres dengan teh celup

Selain bermanfaat untuk kesehatan yang biasanya disajikan dalam bentuk minuman, teh celup yang biasa kamu minum bisa kamu coba untuk mengompres mata lelah kamu. Dengan terlebih dahulu memerasnya sebelum kamu tempelkan ke kelopak mata kamu. Ini bertujuan untuk membuat otot mata lebih rileks dan kamu pun terbebas dari mata lelah.

BACA JUGA :   Pengertian dan Jenis Hipertensi Beserta Faktor penyebabnya

2. Gunakan sendok dingin

Jika ditempatmu tidak ada teh celup, kamu bisa mencoba meredakan mata lelahmu dengan menggunakan sendok dingin. Dengan cara dinginkan terlebih dahulu sendok ke dalam kulkas dan jika sudah dingin lekas tempelkan pada kelopak mata kamu.

3. Olahraga mata

Saat kamu diharuskan bekerja dengan resiko menatap layar komputer untuk waktu yang cukup lama, ada baiknya kamu selingkan dengan melakukan olaraga mata. Palingkan mata dari layar komputer dan coba lihat benda – benda dengan jarak 6 meter dari tempat kamu berada setiap 20 menit sekali yang sering disebut 20-20-20 rule oleh para pakar kesehatan mata.

4. Gunakan kacamata khusus

Kamu bisa mengobati dan mengantisipasi mata lelah dengan menggunakan kacamata khusus yang memiliki anti reflective. Kaca mata ini berfungsi untuk mengurangi silau cahaya yang masuk ke mata kamu sehingga membuat mata tidak cepat lelah.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi mata lelahmu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

You May Also Like

About the Author: Herianto Fitriadi