Unsur Kebugaran Jasmani yang Harus di Ketahui

Unsur Kebugaran Jasmani

Unsur Kebugaran Jasmani yang Harus Kamu Ketahui – Kebugaran jasmani merupakan suatu daya tahan tubuh untuk melakukan bermacam-macam aktifitas sehari-hari. Untuk dapat melakukan bermacam-macam aktifitas setiap harinya, tentunya kita harus memiliki fisik yang kuat. Untuk memiliki fisik yang kuat itu kita mesti memiliki beberapa unsur kebugaran jasmani dalam tubuh kita.

Berikut beberapa Unsur dasar Kebugaran Jasmani yang Harus Kamu Ketahui dan penjelasannya.

Unsur Kebugaran Jasmani

"<yoastmark

Semakin baik kebugaran jasmani seseorang, maka juga akan semakin baik pula dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari.  Dan juga, akan semakin efektif dan efisian dalam pengerjaan aktifitasnya.

Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui unsur kebugaran jasmani. Agar kita dapat memaksimalkannya dan berefek pada pengerjaan aktifitas yang lebih baik.

Daya Tahan

Daya tahan merupakan kemampuan untuk bertahan dari segala pengaruh dari luar yang dapat merugikan kamu. Misalnya dari serangan penyakit, virus, musuh dan lainnya.

Semakin baik daya tahan tubuh seseorang, akan semakin baik kebugaran jasmaninya. Oleh sebab itu menjaga daya tubuh tetap baik merupakan hal yang penting.

Banyak cara yang bisa di lakukan agar tetap memiliki daya tahan tubuh yang baik. Misalnya, Rajin olah raga, makanan sehat dan teratur, serta memiliki jam istirahat yang cukup.

Fleksibilitas

Fleksibilitas dapat kita sebut juga dengan kelenturan. Mengapa kelenturan merupakan hal yang penting dalam kebugaran jasmani?

Jawabanya adalah dikarenakan fleksibilitas merupakan kemampuan tubuh kita untuk bergerak dengan ruang lingkup gerakan sendi secara maksimal.

Simpelnya, semakin lentur tubuh kamu, makan semakin mudah kamu dalam melakukan aktifitas keseharian kamu. Akan tetapi, banyak juga hal yang mempengaruhi fleksibilitas tubuh.

BACA JUGA :   Pengertian Pencemaran Lingkungan Serta Dampak dan Macamnya

Misalnya, Umur. Semakin tua umur seseorang maka akan semakin kaku sendi-sendi dan otot yang kita miliki. Dengan demikian akan sulit untuk kita bergerak secara bebas.

selanjutnya ada kelebihan lemak pada tubuh. lemak yang berlebih pada tubuh juga dapat mempengaruhi kelenturan. Pasalnya, lemak yang berlebihan dapat mengikat otot dan sendi, sehingga membuat pergerakan menjadi terhambat.

Kekuatan

Kekuatan merupakan hal yang penting dalam kebugaran. Karena kekuatan merupakan suatu kemampuan fisik yaang dimiliki manusia yang sangat kamu perlukan untuk bergerak.

Kekuatan atau strengh, dapat juga kita sebut dengan suatu kemampuan untuk mengeluarkan tenaga secara maksimal dalam satu kali usaha.

Dari pengertian diatas dapat kita sipulkan bahwa kekuatan merupakan dasar dari kebugaran jasmani. Karena kekuatan adalah power sebagai penggerak. Semakin besar kekuatan yang kamu miliki maka semakin cepat dan banyak pula aktifitas yang dapat kamu kerjakan.

Cara Menjaga Unsur Kebugaran Jasmani

Banyak hal yang bisa kamu lakukan agar unsur kebugaran jasmani tetap kamu miliki. Misalnya dengan rajin berolah raga rutin. Dengan berolah raga rutin kamu bisa menjaga daya tahan tubuh kamu tetap fit, serta kelenturan tubuh menjadi semakin baik. Karena, sendi dan otot kamu akan terus bergerak dan terlatih.

Selanjutnya, kamu bisa mejaga unsur kebugaran jasmani dengan makan yang teratur dan tentu saja sehat. Semakin sehat makanan yang kamu masukan ke dalam tubuh kamu. Maka akan semakin baik pula efeknya untuk tubuh kamu. Dengan demikian kebugaran jasmani kamu akan tetap terjaga.

Terakhir, kamu bisa menjaga nya dengan istirahat yang cukup. Cukup berarti tidak kurang dan tidak lebih. Bagaimanapun juga tubuh kamu memerlukan waktu untuk beristirahat, agar tetap bisa menjalankan aktifitas dengan baik tiap harinya.

BACA JUGA :   Jenis-Jenis Otot Dan Karakteristiknya

Kesimpulan

Masih banyak unsur kebugaran jasmani yang lainnya. Tentu saja tiga unsur yang dijelaskan diatas merupakan unsur dasar. Jika kamu bisa menjaga ketiga unsur dasar tersebut. Maka kebugaran jasmani tubuh kamu akan menjadi jauh lebih baik lagi.

You May Also Like

About the Author: yudha