5 Olahan Minuman Dari Jahe Yang Sehat

Minuman Dari Jahe Yang Sehat

Masterpendidikan.com – 5 Olahan Minuman Dari Jahe Yang Sehat. Wedang jahe atau minuman sari jahe adalah minuman tradisional khas Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta yang sudah menyebar di seluruh nusantara. Untuk masalah khasiat sudah tidak usah ditanyakan lagi karena minuman hangat satu ini bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Apalagi jika musim pancaroba tiba dan cuaca menjadi lebih dingin, menyeruput minuman satu ini bisa menghangatkan badan Anda. Tidak Hanya itu, minuman ini juga bisa membantu Anda dalam merilekskan pikiran.

5 Olahan Minuman Dari Jahe Yang Sehat

Minuman Dari Jahe Yang Sehat
Minuman Dari Jahe Yang Sehat

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat minuman hangat ini.

Berikut adalah 5 cara membuat wedang jahe yang mudah:

  1. Wedang Jahe Bakar

Untuk membuat minuman ini, bahannya sangat mudah yaitu hanya jahe, gula merah dan air panas. Untuk takaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Cara membuatnya pun sangat mudah. Langkah pertama adalah membakar jahe hingga semua permukaan kulitnya terbakar dan Anda bisa mencium baunya yang khas. Kemudian masukkan gula merah ke dalam cangkir atau gelas, jahe bakar yang sudah dimemarkan, kemudian siram dengan air panas.

  1. Wedang Jahe Lemon

Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat minuman ini adalah jahe yang sudah diparut, sereh, lemon, madu dan teh hitam (jika ada). Untuk membuatnya sangat sederhana yaitu Anda hanya perlu merebus semua bahan yang ada kecuali lemon.

Saat rebusan bahan sudah matang dan mendidih, matikan kompor dan saring. Terakhir, tambahkan air perasan jeruk lemon yang disesuaikan dengan selera Anda.

  1. Wedang Jahe Teh

Bahan-bahan yang diperlukan untuk meracik minuman ini adalah jahe, teh bubuk secukupnya, kapulaga, madu dan air.

BACA JUGA :   Apa saja jus Penghancur Lemak yang Paling Ampuh

Caranya paling mudah di mana Anda hanya perlu merebus semua bahan hingga mendidih. Setelah matang, angkat rebusan bahan dan saring. Tunggu beberapa waktu untuk menikmatinya agar susu teh tidak terlalu panas.

  1. Wedang Jahe Sereh

Anda membutuhkan bahan-bahan berikut ini untuk membuat minuman yang menyehatkan ini, yaitu sereh secukupnya, air, gula merah, jahe, daun pandan (jika ada) dan sedikit garam.

Proses pembuatannya sangat mudah. Rebus semua bahan dalam panci kecil atau teko, lalu tunggu hingga mendidih dan air dalam panci sedikit berkurang. Jika sudah matang, angkat lalu tiriskan. Anda bisa langsung meminumnya atau menunggunya hingga sedikit hangat.

  1. Wedang Susu Jahe

Untuk membuat minuman ini, Anda memerlukan beberapa bahan yaitu susu, jahe bersih yang sudah di memarkan, gula merah yang di parut halus, cengkeh, gula pasir dan kayu manis. Takaran atau banyaknya bahan bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda.

Cara membuatnya juga lumayan gampang. Pertama-tama, masukkan susu dan jahe ke dalam panci lalu rebus hingga mendidih dengan api yang kecil. Aduk terus hingga rata dan jangan sampai menggumpal. Masukkan kayu manis dan cengkeh dan aduk sampai rata.

Kemudian, masukkan gula pasir dan gula merah dan tunggu hingga tercampur rata. Terakhir, koreksi rasa sebelum di hidangkan.

Demikianlah ulasan artikel mengenai 5 Olahan Minuman Dari Jahe Yang Sehat. Pastikan jika kondisi Anda semakin memburuk atau tidak setelah meminum minumah dari jahe ini.

Anda. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: yudha