Pengertian, Cara Mengukur dan Manfaat Kepuasan Pasien Beserta Faktor Yang Mempengaruhinya

Posted on

Pengertian, Cara Mengukur dan Manfaat Kepuasan Pasien Beserta Faktor Yang Mempengaruhinya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang kepuasan pasien. Apa saja kreteria seorang Pasien merasa Puas, untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak penjelasan dibawah ini :

Pengertian, Cara Mengukur dan Manfaat Kepuasan Pasien Beserta Faktor Yang Mempengaruhinya

Pengertian Kepuasan Pasien

Kepuasan pasien merupakan keluaran atau outcome layanan kesehatan. Dengan begitu kepuasan pasien ialah salah satu tujuan dari adanya peningkatan mutu layanan kesehatan. Kepuasan pasien merupakan suatu rasa tingkat perasaan pasien yang muncul sebagai akibat dai kinerja layanan kesehatan yang didapatkan setelah seroang membandingkan dengan yang telah ia harapkan “Pohan,2013”

Cara Mengukur

Siapa saja atau mereka yang menggunakan atau membeli poduk atau jasa layanan disebut dengan pelanggan atau costumer “Muninjaya,2013” Lebih jauh, Kotle dalam Nursalam,2011 terdpat beberapa cara untuk mengukur kepuasan pelanggan, diantaranya:

  • Dengan Sistem Keluhan dan Saran

Disediakannya sebuah tempat atau seperti kotak saran dilokasi yang stategis, saluran telfon bebas pulsa, website, e-mail, katu pos dengan perangko dan lain sebagainya.

  • Dengan Survei Pelanggan

Survei bisa dilakukan dengan telepon, e-mail, bertatap langsung atau via surat yang dikirim lewat pos.

  • Dengan Ghost Shopping

Ini merupakan salah satu bentuk observasi yang menggunakan jasa seseoang untuk menyama sebagai seorang pelanggan atau sebagai pesaing untuk bisa mengamati aspek pelayanan dan kualitas dari produk.

  • Dengan Lost Costumer Analysis

Ialah dengan menghubungi kembali pelanggan yang sudah beralih untuk memahami apa yang menjadi penyebab dan untuk melakukan perbaikan pada pelayanan.

Manfaat Pengukuran

Menurut Soeparmanto dan Astuti 2006 yakni :

  • Bisa mengetahui kekurangan dari masing-masing tingkat kelemahan dari penyelenggaraan pelayanan.
  • Bisa mengetahui kinerja dari penyelenggaraan pelayanan yang sudah dilaksanakan oleh sebuah unit pelayanan.
  • Perusahaan dapat mengetahui indeks kepuasan masyarakat dengan pelayanan publik pada lingkup pemerintahan pusat atau daerah.
  • Dapat memacu persaingan positif antar unit dalam upaya peningkatan kineja.
  • Untuk masyarakat sendii, bisa mengetahui ganbaan mengenai kinerja pelayanan unit yang bersangkutan.

Faktor Yang Mempengaruhi

Sangadji dan Sopiah 2013, faktor yang mempengaruhi kepuasan antara lain :

  • Karakteristik dari pasien

Salah satu faktor yang menjadi penentu tingkat konsumen atau pasien oleh karakteristik dari pasien itu merupakan ciri seseorang yanng membedakan orang satu dan lainnya. Karakter ini bisa berupa nama, jenis kelamin, umur, suku, bangsa, agama, lata pendidikan, pekerjaan dan lain sebagainya.

  • Sarana Fisik

Ini berupa bukti fisik atau nyata yang bisa dilihat, sepeti gedung, perlengkapan yang digunakan, seragam yang dipakai pegawai dan alat komunikasi.

  • Jaminan

Jaminan meliputi pengetahuan, kemampuan, kesopanan serta sifat yang bisa dipercaya yang dimiliki oleh seorang perawat.

  • Kepedulian

Ini merupakan keahlian untuk memdahkan perawat untuk membangun komunikasi baik antar pegawai atau klien, perhatian pribadi serta bisa memahami kebutuhan dari pelanggan.

  • Kehandalan

Ini merupakan sebuah kemampuan untuk memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan cepat, tepat, akurat serta memuaskan.

Itulah sekilas penjelasan tentang Pengertian, Cara Mengukur dan Manfaat Kepuasan Pasien Beserta Faktor Yang Mempengaruhinya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...