Pengertian, Hal Penting, Elemen Dasar dan Manfaat Kepercayaan (Trust)

Posted on

Pengertian, Hal Penting, Elemen Dasar dan Manfaat Kepercayaan (Trust)

Pengertian, Hal Penting, Elemen Dasar dan Manfaat Kepercayaan (Trust) – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Kepercayaan. Apa itu Kepercayaan, untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak penjelasannya dibawah ini :

Pengertian Kepercayaan

Kepercayaan yakni kunci bagi kesuksesan dalam relationship marketing, variabel ini mempunyaipengaruh yang kuat pada efektifnya dan efisiennya sebuah relationship marketing. Kepercayaan sendiri merupakan suatu keadaan yang akan terjadi saat seorang mitra percaya dengan permasalahan dan kejujuran mitranya.

Hal Penting Dari Kepercayaan

Kepercayaan memiliki beberapa hal penting, yang diantaranya yaitu sebagai berikut :

Konsumen yang telah memiliki kepercayaan tentunya akan bersedia untuk bergantung dengan penyedia jasa serta bersedia melakukan tindakan untuk penyedia jasa.

Kepercayaan juga mempunyai 3 aspek dari karakteristik penyedia jasa yakni ability, integrity dan motivation. Pertama-tama seorang konsumen akan menilai apakah provider tersebut cukup kompeten untuk menjalankan kewajibannya dan melayani konsumen. Yang Kedua konsumen tentu juga akan menilai apakah perusahaan tersebut memiliki integritas, dimana konsumen bisa percaya pada pekerjaan perusahaan. Dan yang terakhir konsumen mempercayai bahwa penyedia jasa tersebut memiliki motivasi agar tidak melakukan tindakan yang tidak sesuai dengan harapan konsumen.

Adapun pihak yang dipercaya akan menjaga pihak yang lain, dan akan memperlihatkan kebutuhan dan harapan pihak lain tersebut, bukan hanya sekedar memperlihatkan kebutuhan dan harapannya sendiri.

Elemen Dasar Dari Kepercayaan

Kepercayaan sendiri ialah elemen dasar pembangunan model relationship quality. Kepercayaan juga merupakan keyakinan bahwa pasangan dalam sebuah hubungan akan melakukan hal yang terbaik untuk apa yang diinginkan pasangannya.

Kepercayaan juga salah satu kunci dari relationship quality karena menjadi pendorong pemasar untuk:

  • Bekerja dengan sangat memperhatikan atau menekankan investasi untukmenjaga hubungan kerja sama yang berjalan baik dengan mitra.
  • Tidak mengambil jalan alternatif lain untuk jangka pendek yang menarik namun menekan pada manfaat jangka panjang dengan hubungan yang baik pada para konsumen.
  • Memperhatikan kegiatan yang memiliki resiko tinggi dengan lebih bijak karena persaya jika mitranya tidak akan bertindak dengan oportunis.

Manfaat Kepercayaan

Kepercayaan merupakan hal yang sangat penting bagi kesuksesan relationship. Dan Manfaat “Benefit relationship” yang didasarkan pada kepercayaan yaitu signifikan dan menggambarkan hal-hal berikut ini :

Cooperation

Kepercayaan bisa meredakan perasaan ketidakpastian dan risiko, jadi bertindak untuk menghasilkan peningkatan kerjasama antara anggota relationship. Yaitu dengan meningkatnya tingkat kepercayaan dari anggota belajar bahwa kerjasama itu akan memberikan hasil yang melebihi hasil yang juah lebih banyak dibandingkan jika dikerjakan sendiri.

Komitmen

Komitmen merupakan komponen yang bisa membangun relationship dan hal yang dengan mudah hilang dan akan dibentuk hanya dengan pihak-pihak yang saling memiliki rasa percaya.

Relationship Duration

Kepercayaan juga mendorong anggota relationship bekerja untuk menghasilkan relationship serta menahan godaan agar tidak mengutamakan hasil jangka pendek serta bertindak secara oportunis. Kepercayaan dari penjual akan secara positif di hubungkan dengan kemungkinan bahwa pembeli akan terlibat dalam bisnis dimasa yang akan datang, oleh sebab itu memberikan kontribusi untuk meningkatkan durasi relationship.

Kualitas

Pihak yang terpercaya lebih mungkin menerima dan menggunakan informasi dari pihak yang dipercaya, dan pada gilirannya nanti akan menghasilkan benefit yang lebih besar dari informasi tersebut. Dan pada akhirnya akan adanya kepercayaan ini memungkinkan perselisihan atau konflik yang dapat dipecahkan secara efisien dan damai. Sedangkan dalam kondisi tidak adanya kepercayaan, perselisihan dirasakan merupakan tanda adanya kesulitas pada masa yang akan datang dan biasanya menyebabkan berakhirnya relationship (Kerjasama).

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Hal Penting, Elemen Dasar dan Manfaat Kepercayaan (Trust), terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>


Loading...