Pengertian Kontroversi Beserta Contohnya

Posted on

Pengertian Kontroversi Beserta Contohnya

Pengertian Kontroversi Beserta Contohnya – Sebuah perdebatan ialah sebuah keadaan pertikaian atau perdebatan awam yang berkepanjangan, umumnya tentang pendapat atau tentang sudut pandang berkonflik. Perkataan dalam perdebatan tercipta dari abahsa latin yakni controversia, digubah dari controversus.

Dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, kontroversi ialah proses persaingan dan pertikaian yang ditandai karena gejala yang tidak pasti tentang pribadi seseorang dan perasaan tidak menyukai yang disembunyikan bersama kepribadian seseorang.

Pengertian Lain

Kontroversi atau contravertion ialah sebuah motif proses sosial yang berbeda antara persaingan dengan sebuah konflik. Kontravensi ditandai dengan adanya gejala ketidak pastian tentang diri seseorang atau tentang suatu plan, perasaan tidak menyukai yang disembunyikan, kebencian atau rasa ragu pada kepribadian seseorang.

Kontravensi ini bisa tertuju pada sebuah pandangan, keyakinan, pikiran, rencana atau keyakinan yang dikemukakan karena seseorang atau kelompok lainnya.

Contoh Dari Kontravensi

Dalam suatu kelas sedang ada suatu musyawarah, kemudian salah seorang temanmu mempunyai sebuah rencana untuk menjalakan rencana tersebut, akan tetapi teman sekelas yang lainnya kurang setuju dengan rencana itu sehingga muncullah rasa tidak suka atau kurang menyukai atau bahkan benci dengan rencana atau dengan teman tersebut akan tetapi rasa tidak suka itu disembunyikan. Tindakan yang dilakukan oleh teman kelasmu ini termasuk dalam suatu kontravensi.

Cara kontravensi ini menurut Leopold des Wiese dan Howard Becker mencakup dalam subproses diantaranya ialah :

– Proses umum yang meliputi perbuatan – perbuatan seperti rasa enggan, penolakan, menghalang – halangi, perlawanan, kekerasan dan juga perbuatan untuk mengacaukan plan dari pihak lain.

– Bentuk – bentuk yang sederhana dari kontravensi yang sederhana, seolah akan menyangkal pernyataan orang lain di depan umum, memaki orang lainnya, mencerca orang, melakukan fitnah atau melemparkan beban bukti pada orang lain atau pihak lain.

– Bentuk – bentuk kontravensi intensif yang didalamnya terdapat penghasutan, menyebar berita – berita atau desas – desus atau dengan mengecewakan pihak yang lain.

– Kontravensi bersifat rahasia, seperti dengan menyebarkan rahasia seseorang atau rahasia orang lain dan berkhianat.

– Kontravensi bersifat taktis seperti mengganggu, mengejutkan versus atau membuat kubu lain menjadi bingung.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian Kontroversi Beserta Contohnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat

Baca Juga >>>

Related posts: