Pengertian, Struktur Anatomi dan Bagian Kelenjar Prostat

Pengertian, Struktur Anatomi dan Bagian Kelenjar Prostat – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Kelenjar Prostat, Apa sebenarnya Kelenjar Prostat itu. Untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak penjelasan dibawah ini :

Pengertian Kelenjar Prostat

Kelenjar prostat atau disebut juga kelenjar eksokrin, merupakan kelenjar yang ukurannya sebesar buah kenari yang letaknya diantara tulang kemih dan penis, dan di depan rektum.

Pengertian, Struktur Anatomi dan Bagian Kelenjar Prostat

Organ ini berfungsi dalam memproduksi dan menyimpan sejenis cairan yang sebagaian besar merupakan air mani (semen). Adapun cairan yang dikeluarkan prostat mengandung nutrisi dan melindungi sperma.

Selama ejakulasi, prostat akan mengeluarkan cairan ini melalui uretra bersamaan dengan sperma membentuk cairan mani (cairan semen).

Fungsi Kelenjar Prostat

kelenjar prostat memiliki fungsi penting dalam mengeluarkan 30% – 35% atau sepertiga cairan dari air mani. Cairan ini sendiri berfungsi memberi nutrisi dan melindungi sperma agar dapat bertahan dalam lingkungan vagina.

Prostat sendiri berisikan jaringan otot polos, yang menjadikannya ikut membantu dalam memompa air mani keluar lewat penis dengan kekuatan yang cukup untuk masuk ke dalam vagina dalam membantu sperma membuahi ovum.

Prostat jugalah yang menyelubungi bagian uretra yang dapat menjadi katup dan mencegah urin keluar jika ada rangsangan buang air kecil. Sistem saraf pada prostat ini akan membantu proses terjadinya ereksi penis.

Struktur Kelenjar Prostat

Prostat sendiri memiliki bentuk segitiga terbalik dengan ukuran panjang sekitar 4 cm, dengan lebar 3 cm dan tengah 2,5 cm serta mempunyai berat sekitar 20 gram.

Kelenjar prostat merupakan kelenjar fibromuskuler, yaitu seratbut otot polos yang bertemu dengan serat kolegen dan elastik, kelenjar ini juga terselubung oleh kapsula prostatika, yaitu suatu jaringan fibrosa yang mempunyai kandungan pembuluh darah dan saraf serta vagina prostatika atau jaringan fibrosa.

BACA JUGA :   Pengertian Karbohidrat Dan Fungsinya Bagi Tubuh Lengkap

Beberapa bagian dari kelenjar prostat yang tersusun atas 30-50 komponen kelenjar tubuloasinar atau tubulo alveolar kecil bercabang. Dinding pelapis prostat ialah dinding mukosa, submukosa dan lapisan perifer yang tersusun dari kelenjar utama penyusun prostat.

Jaringan Epitel yang menjadi pelapis prostat ini umumnya dalam bentuk Simpleks Kolumnar atau Pseudostraficatum kolumnar. Namun terdapat beberapa bagian yang dilapisi oleh epitel skuamosum atau epitel kuboid.

Prostat juga menerima suntikan nutrisi dan oksigen yang berasal dari arteri prostat. Persarafan-nya sendiri bersumber dari pleksus prostatikus yang dapat berbentuk rangsangan simpatis atau parasimpatis.

Bagian-Bagian Kelenjar Prostat

Kelenjar prostas dapat dikategorikan menjadi 5 lobus, yang diantara lain sebagai berikut :

Lobus Aterior / Isthmus (Depan)
Merupakan lobus yang berada didepan uretra dan tidak memiliki jaringan kelenjar.

Lobus Medius (Tengah)
Merupakan lobus yang terletak diantara uretra dan duktus ejakulatorius, lobus ini juga banyak mengandung jaringan kelenjar

Lobus Posterior (Belakang)
Merupakan lobus yang terletak di belakang uretra dan dibawah duktus ejakulatorius, lobus ini juga banyak berisikan jaringan kelenjar

Lobus Lateral Kanan
Merupakan lobus yang terletak di sebelah kanan uretra yang terpisah oleh alur dangkal pada permukaan belakang prostat. Lobus ini banyak berisikan jaringan kelenjar

Lobus Lateral Kiri
Merupakan lobus yang terletak disebelah kiri uretra yang dipisahkan oleh alur vertikal dangkal pada permukaan belakang prostat. Lobus ini mengandung jaringan kelenjar yang banyak.

Dan menurut Zonanya, prostat dibedakan menjadi beberapa zona, antara lain yaitu :

Zona Perifer (Zona Sisi)
Zona ini membuat 70% jaringan kelenjar prostan yang meliputi bagian postior dan lateral kelenjar tersebut. Zona perifer sendiri merupakan zona yang sangat rentang terhadap indeksi ataupun peradangan.

BACA JUGA :   Perkembangan Janin Usia Tiga Bulan

Zona Transisional (Zona Pertengahan)
Zona ini membuat 5-10% dari jaringan kelenjar

Zona Sentral (Zona Pusat)
Zona ini membuat 25% dari jaringan kelenjar prostat. Zona sentral juga terdiri dari lapisan mukosa dan submukosa.

Dan ada Zona Lain selain Komponen yaitu zona stroma fibromuskular yang bisa disebut serabut otot polos bercampur dengan serat kolagen dan elastin yang berada didepan kelejar prostat.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Struktur Anatomi dan Bagian Kelenjar Prostat, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>

You May Also Like

About the Author: Estriana Fiwka