Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Infertilitas Beserta Faktor Penyebabnya

Posted on

Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Infertilitas Beserta Faktor Penyebabnya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Infertilitas. Apa itu Infertilitas, untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Infertilitas

Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Infertilitas Beserta Faktor Penyebabnya

Infertilitas atau ketidaksuburan (kemandulan) merupakan kondisi dimana ketidakmampuan untuk mendapatkan keturunan, meskipun pasangan suami istri tersebut telah melakukan hubungan suami istri (Intim) sebanyak 2-3 kali dalam seminggu dalam kurun waktu 1 tahun tanpa memakai alat kontrasepsi jenis apapun.

Jenis-Jenis Infertilitas

Infertilitas sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu infertilitas primer dan infertilitas sekunder, Anwar “2005”. Adapun penjelasannya dari kedua jenis tersebut ialah sebagai berikut :

Infertilitas Primer

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Infertilitas Primer merupakan pasangan suami-istri yang belum memiliki anak setelah 1 tahun berhubungan intim sebanyak 2-3 kali serminggu tanpa menggunakan alat kontrasepsi dalam bentuk apapun.

Infertilitas Sekunder

Sedangkan Infertilitas Sekunder merupakan pasangan suami-istri yang telah mempunyai anak sebelumnya, namun saat ini belum memiliki anak lagi setelah berhubungan intim sebanyak 2-3 kali dalam seminggu dalam 1 tahun, tanpa menggunakan alat kontrasepsi dalam bentuk apapun juga.

Ciri-Ciri Infertilitas

Pasangan suami istri yang mengalami infertilitas memiliki ciri-ciri, yaitu sebagai berikut :

  • Pasangan tersebut memiliki keinginan untuk mempunyai seorang anak.
  • Selama satu tahun atau lebih selalu berhubungan seksual, dan istri pun belum mendapatkan kehamilan.
  • Telah melakukan hubungan seksual sebanyak 2-3 kali dalam seminggu dalam kurun waktu satu tahun.
  • Istri maupun suami tidak pernah memakai alat ataupun metode kontrasepsi, baik itu kondom, obat-obatan serta alat lain yang berfungsi untuk mencegah kehamilan.

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Infertilitas

Dan berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan Infertilitas yaitu :

Faktor Pria

Penyebab infertilitas pada pria dibagi menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu sebagai berikut :

Gangguan Produksi Sperma

Karena diakibatkan kegagalan testis primer “hipergonadotropik hipogonadisme” yang disebabkan oleh faktor genetik atau juga kerusakan langsung lainnya terkait anatomi, infeksi atau gonadotoksin. Stimulasi gonadotropin yang tidak adekuat diakibatkan faktor genetik, efek tumor hipotalamus atau pituitari / penggunaan androgen eksogen.

Gangguan Fungsi Sperma

Karena diakibatkan antibodi antisperma, radang saluran genit “prostatitis”, varikokel, kegagalan reaksi akrosom, serta ketidak normalan biokimia atau gangguan dengan perlengkapan sperma “ke zona pelusida” atau penetrasi.

Sumbatan Pada Duktus

Karena diakibatkan vasektomi, tidak adanya vas deferensi bilateral atau sumbatan kongenital atau yang didapat “acquired” pada epididimis atau duktus ejakulatorius “penanganan interil”.

Faktor Wanita

Penyebab infertilitas pada wanita dapat dibagi menjadi 4 “empat” jenis yaitu sebagai berikut :

Gangguan Ovulasi

Gangguan pada ovulasi jumlahnya ada sekitar 30-40% dari seluruh kasus infertilitas pada wanita. Terjadinya anovulasi ini bisa disebabkan tidak ada atau sedikitnya produski dari gona dotropin releasing hormon “GnRH” oleh hipotalamus, sekresi hormon prolaktin oleh tumor hipopise, PCOS serta kegagalan ovarium dini.

Kelainan Anatomis

Kelainan anatomis yang sangat sering ditemukan berhubungan dengan infertilitas yaitu abnormalitas tuba fallopii dan peritoneum, faktor serviks, serta faktor uterus.

Endometrosis

Endometriosis berat dengan kerusakan tuba falopi dan ovarium mengakibatkan adhesi atau munculnya endometrioma, yang merupakan penyebab infertilitas.

Infertilitas Yang Tidak Dapat Dijelaskan atau Unexplained Infertlity

Infertilitas yang tidak dapat dijelaskan sendiri ialah dimana keadaan kurang dari distribusi efisiensi reproduksi atau abnormal (tidak normal) dari fungsi sperma atau oosit, fertilisasi, implantasi atau perkembangan preembrio yang tidak bisa terdeteksi dengan metode evaluasi standard.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Jenis dan Ciri-Ciri Infertilitas Beserta Faktor Penyebabnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...