Pengertian Asam Urat Beserta Tahapan Pemeriksaan, Pencegahan dan Penanganannya

Posted on

Pengertian Asam Urat Beserta Tahapan, Pemeriksaan, Pencegahan dan Penanganannya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Asam Urat, apa itu Asam Urat. Untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak penjelasan berikut :

Pengertian Asam Urat

Uric Acid atau asam urat ialah suatu keadaan yang dapat menyebabkan rasa nyeri yang tidak dapat ditahan, terjadi pembengkakan dan terasa panas pada pesendian. Meski semua sendi ditubuh bisa terserang asam urat namun yang sering terserang ialah sendi pada jari tangan, lutut, jari kaki serta pegelangan kaki.

Pengertian Asam Urat Beserta Tahapan, Pemeriksaan, Pencegahan dan Penanganannya

Saat umur diatas 30 tahun, laki-laki lebih rentang terkena asam urat, sedang pada perempuan asam urat bisa muncul setelah menopause. saat terserang asam urat maka sering kali akan merasakan perkembangan gejala dengan cepat, hanya hitungan beberapa jam dan asa sakitnya akan berlangsung selama 3 samapi 10 hari.

Dalam pengertian lain, asam urat ialah senyawa alkaloida hasil akhir dari katabolisme dan guanin yang berasal dari pemegahan nuklotida purin. Asam urat ialah sampah hasil dai metabolsme normal dari pencernaan protein makanan yang didalamnya terdapat purin, seperti pada daging, ginjal, hati, dan kacang-kacangan serta buncis. atau bisa beasal dari diuraikannya purin yang sebenarnya harus dibuang oleh ginjal, keringat atau feses.

Tahapan Penyakit

– Tanpa Gejala atau Asymptomatic

Dalam tahapan ini, penderita tidak melihat gejala lain selain meningkatnya asam uat serum. Hanya 20% penderita yang berlanjut pada asam uat akut.

– Akut

Adanya pembengkakan yang terjadi dengan tiba-tiba dan ada asa nyeri yang sangat sering terjadi di sendi ibu jari kaki dan pada sendi metatarsofalangeal. Dengan meningkatnya jumlah leukosit maka akan menyebabkan demam. Rasa sakitnya akan berkurang dalam beberapa waktu tapi bisa muncul kapan saja.

– Interkritikal

Penderita tidak mengalami gejala yang berlangsung dari eberapa bulan atau tahun, tetapi sering timbul serangan saat waktu yang tidak menentu.

– Kronis

Ini terjadi karena kristal-kristal asam uat menimbulkan rasa nyeri, sakit dan kaki juga membengkak dan menonjol pada sendi yang bengkak, dalam tahapan ini tophi yang menumpuk disemua jaringan lunak tubuh seperti bursa olekranon, tendon achiles,permukaan pada ekstensor lengan bawah, bursa infrapatelar serta heliks telinga.

Pemeriksaan Penyakit

Pemeriksaan asam urat bisa dilakukan dengan dua cara, yakni :

– Pemeriksaan Holistik

Pemeriksaan yang dengan keseluruhan pemeriksaan dilakukan sejak kapan nyeri terjadi, bagaimana bisa terjadi rasa nyeri. Bila akan dilihat riwayat kesehatan selanjutnya dilakukan diagnosis.

– Pemeriksaan Enzimatis

Pemeriksaan dengan cara urid-acid yang reaksinya dengan urease yang membentuk reaksi H2O2 dibawah katalis preoksadase dengan 3,5 didorohydroksi bensensulforic acid dan empat amoniphenazone akan memberikan reaksi warna violet dengan indikator quinollmine.

Pencegahan Asam Urat

  • Menyesuaikan jumlah kalori yang berasal dari makanan dengan kebutuhan tubuh.
  • Membatasi konsumsi zat gula
  • Diusahakan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinngi
  • Tidak mengkonsumsi alkohol
  • Mengurangi konsumsi protein hingga 15% dari total kalori
  • Mengurangi konsumsi lemak jenuh dan tidak jenuh
  • M+encukupi kebutuhan air putih untuk tubuh

Penanganan Pada Penyakit

Untuk penanganannya bisa dibedakan dalam dua cara, yakni meringankan gejala dan mencegah serangan kembali. Untuk meringankan gejala maka bisadengan menempelkan kantong es pada bagian sendi yang sakit dan mengkonsumsi obat pereda nyeri.

Untuk pencegahan akan tidak kabuh lagi maka dengan mengkonsumsii obat penurun kadar asam urat. Tidak boleh mengkonsumsi makanan yang memicu asam urat kambuh dan ada baiknya menurunkan berat badan. Makan makanan rendah kalori supaya berat badan tetap ideal.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian Asam Urat Beserta Tahapan, Pemeriksaan, Pencegahan dan Penanganannya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...