Pengertian, Tanda-Tanda, dan Gejala Gastritis Beserta Faktor Penyebabnya

Posted on

Pengertian, Tanda-Tanda, dan Gejala Gastritis Beserta Faktor Penyebabnya – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Gastritis. Apa sih itu Gastritis dan Apa Penyebabnya. Untuk menjawab rasa penasaran dari pertanyaan tersebut, silahkan simak penjelasan berikut ini :

Pengertian, Tanda-Tanda, dan Gejala Gastritis Beserta Faktor Penyebabnya

Pengertian Gastritis

Definisi dari Gastritis ialah suatu peradangan atau pendarahan pada mukosa lambung yang diakibatkan oleh faktor iritasi, infeksi serta ketidak teraturan dalam pola makan, misalnya yakni : telat makan, makan terlalu banyak, makan terlalu cepat, serta makan makanan yang terlalu banyak bumbu dan pedas. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya gastritis.

Tanda Dan Gejala Gastritis

Terdapat dua Tanda dan Gejala Gastritis, dan berikut ini tanda dan gejala gastritis tersebut, yakni :

Tanda Dan Gejala Gastritis Akut

Menurut Sari, K, Muttaqin. A, 2011, Pada anamnesis biasanya didapatkan suatu keluhan abdomen (bagian tubuh “Perut”) yang tidak jelas seperti mual, muntah serta anoreksia (gangguan makan) sehingga mengakibatkan penambahan kebutuhan nutrisi harian menjadi berkurang intake nutrisi tidak adekuat (memadai), kehilangan cairan dan elektrolit. Pada beberapa orang ditemukan keluhan yang lebih berat yaitu seperti nyeri epigastrium (abdomen tengah atas), muntah, pendarahan dan hematemesis yang menimbulkan kecemasan secara individu. Adapun yang dimaksud dengan Anamnesis ialah komunikasi yang dilakukan antara dokter dan pasien yang mana memiliki tujuan untuk mendapatkan informasi tentang penyakit yang diderita serta informasi lainnya yang berkaitan agar dapat mengarahkan diagnosis penyakit apa yang sedang diderita pasien.

Tanda Dan Gejala Gastritis Kronis

Menurut Inayah, 2004 Berikut ini adalah tanda dan gejala Gastritis Kronis :

  • Gastritis sel plasma.
  • Penyakit miniere.
  • Nyeri yang menetap didaerah epigastrium.
  • Nausea hingga muntah empedu.
  • Dyspepsia (menyerang usus dan mengindikasikan abnormalitas dalam sistem pencernaan).
  • Anoreksia.
  • Berat badan menurun.
  • Keluhan berhubungan dengan anemia.

Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Gastritis

Adapun berikut ini beberapa faktor penyebab terjadinya Gastritis yang diantaranya sebagai berikut :

Frekuensi Makan

Menurut Okviani, 2011 Frekuensi makan ialah jumlah makan dalam sehari-hari baik itu kualitatif atau kuantitatif. Secara alamiah makanan diolah didalam tubuh melalui alat-alat pencernaan mulai itu dari mulut hingga usus halus. Lama makanan yang berada didalam lambung tergantung sifat dan jenis makanannya. , umumnya rata-rata lambung kosong antara 3 sampai 4 jam, maka jadwal makan ini pun menyesuaikan dengan kosongnya lambung.

Jenis Makanan

Menurut Okviani, 2011 Mengkonsumsi makanan pedas secara terlalu banyak atau berlebihan akan merangsang sistem pencernaan, terutama pada lambung dan usus untuk berkontraksi. Hal ini akan menyebabkan rasa panas serta nyeri di ulu hati yang disertai dengan mual dan muntah. Gejala ini akan membuat penderita makin berkurang nafsu makannya. Dan jika kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan pedas lebih dari satu kali dalam seminggu selama minimal 6 (enam) bulan dan dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan iritasi pada lambung yang disebut juga dengan gastritis.

Stress

Menurut Friscaan, 2010 Produksi asam lambung akan meningkat dalam keadaan stress, misalnya karena beban kerja berat, panik serta tergesa-gesa. Kadar asam lambung yang meningkat dapat membuat iritasi mukosa lambung dan jika hal ini dibiarkan terus menerus, lama-kelamaan akan mengakibatkan terjadinya gastritis. Bagi sebagian orang, keadaan stres pada umumnya tidak dapat dihindari. Dan Oleh karena itu, maka kuncinya ialah dengan mengendalikannya secara efektif dengan cara diet sesuai dengan kebutuhan nutrisi, istirahat cukup, olah raga teratur serta relaksasi yang cukup.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Tanda-Tanda, dan Gejala Gastritis Beserta Faktor Penyebabnya, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...