Pengertian, Fungsi, Bagian dan Jenis Teleskop

Pengertian, Fungsi, Bagian dan Jenis Teleskop

Posted on

Pengertian, Fungsi, Bagian dan Jenis Teleskop – Kesempatan kali ini kita akan membahas tentang Teleskop, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan berikut ini :

Pengertian Teleskop

Teleskop ialah alat bantu yang digunakan dalam bidang astronomi yang bertujuan untuk membantu memperjelas kondisi benda luar angkasa. Alat ini bukan benda asing dalam pembahasan ilmu astronomi untuk mengamati objek yang posisinya sangat jauh dari keberadaan pengamat dan sulit untuk diamati. Teleskop juga dikenal dengan sebutan teropong bintang.

Teleskop bentuknya menyerupai teropong akan tetapi fungsinya lebih ditajamkan lagi, dikatakan begitu karena teropong hanya digunakan untuk melihat benda yang jaraknya jauh. Dan teropong bintang mempunyai fungsi yang lebih, dalam artian teropong bintang digunakan untuk mengamati benda yang jaraknya dari bumi ke luar angkasa.

Dengan adanya teleskop maka manusia dapat mengamati bentuk-bentuk benda langit lengkap dengan pergerakannya. Jika tidak ditemukan teleskop bisa saja akan sulit untuk mengamti objek-objek astronomi yang ada di luas angkasa. Dengan pengamatan ini maka manusia mendapatkan ilmu pengetahuan dan informasi mengenai astronomi.

Fungsi Teleskop

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa teleskop ialah alat optik yang sangat penting dalam bidang astronomi. Ini karena alat tersebut bisa memberikan penginderaan pada objek astronomi yang diamati. Akan tetapi jika kita kaji dnegan lebih detail, maka teleskop mempunyai beberapa fungsi lain, yakni :

– Memperbesar bayangan benda, sehingga walau jarak benda sangat jauh masih bisa terlihat.
– Memperkuat cahaya yang ditangkap menjadikan bayangan benda bisa dilihat.
– Memberikan bentuk gambar objek yang terdapat pada jarak yang jauh sehingga bisa dilihat oleh mata.
– Membuat benda yang jauh terlihat lebih dekat.

Bagian-Bagian Teleskop

1. Lensa dan Cermin

Fungsinya sama yakni untuk memfokuskan biasan atau pantulan cahaya ketempat yang sesuai supaya bisa dilihat oleh mata. Sebagian mikroskop yang dibuat hanya mengguanakan lenda dan lainnya hanya mengguanakn cermin, ada juga teleskop yang menggunakan keduanya.

2. Lensa Mata Manusia

Lensa mata sebenarnya bukan bagian dari teleskop namun tanpa adanya lensa mata pada manusia maka akan sangat sulit untuk menggunakan teleskop. Sehingga lensa mata sangat penting terutama untuk mengamati objek yang memerlukan ketelitian yang tinggi dalam mengamatinya.

3. Lensa Balrow

Lensa yang berfungsi sebagai lensa tambahan, lensa ini terletak antara focuser dan lensa mata. Pengguanaan lensa ini sangat efektif untuk meningkatkan panjang fokus pada teleskop. Semakin panjang fokus pada teleskop maka akan semakin tinggi berbesaran bayangan. Biasanya lensa ini bisa memperbesar bayangan 2 hingga 5 kali lipat.

4. Mount

Bagian ini digunakan supaya teleskop mempunyai kedudukan tetap, dengan menggunakan ini maka teleskop diupayakan untuk tidak bergeser saat sedang melakukan pengamatan. Ada dua tipe bagian ini yang sering digunakan yakni tipe alt azimuth dan equatorial.

5. Pencari

Ini merupakan bagian yang sangat penting, digunakan untuk melacak objek-objek astronomi yang ada di angkasa. Jika bagian ini tidak ada maka tidak mungkin untuk menemukan sesuatu dalam jarak yang jauh terutama jika terletak diluar angkasa. Pencari ini terletak pada sisi utama pada teleskop.

6. Primer mirror cell

Bagian teleskop yang berupa perakitan lengkap dnegan fungsinya sebagai pemegang cermin utama, selain pemegang cermin bagian ini juga akan menyesuaikan kedudukan cermin.

7. Tripod

Kita sering mengenalnya sebagai kaki tiga. Ini dipakai untuk menahan teleskop dalam ketinggian tertentu. Dengan menggunakan tripod maka akan memudahkan pengamat untuk mengamati objek astronomi dengan posisi berdiri.

8. Tabung Teleskop

Sering disebut dengan tabung optik, ini merupakan tabung hampa yang membentuk bagian dari sebuah teleskop.

9. Eyepieces

Bagian teleskop yang digunakan untuk memperbesar objek yang sedang diamati.

10. Focuser

Bagian yang menempel pada tabung optic, digunakan untuk menggerakan tabung internal supaya mencapai fokus yang diinginkan.

11. Findescope

Bagian dari teleskop yang berfungsi untuk memperbesar kolom foto dan untuk pemusatan dalam meneropong bintang.

Jenis-Jenis Teleskop

1. Teleskop Reflekstor

Jenis teleskop yang menggunakan cermin untuk menangkap cahaya dan memantulkannya, cermin berfungsi sebagai pengganti lensa.

2. teleskop Refractor

Teleskop yang menggunakan lensa dalam sebagai media untuk menangkap cahaya. Terdapat beberapa lensa pada teleskop jenis ini. Contoh teleskop yang mengguanakn lensa sebagai penangkap cahaya antara lain ;

  • Teleskop Bintang
  • Teleskop Bumi
  • Teleskop Prisma
  • Teleskop Galilei
  • dan Lainnya

3. Teleskop Catadioptrik

Salah satu jenis teleskop gabungan dari teleskop reflekstor dan refraktor. Teleskop ini menggunakan dua media yakni cermin dan lensa.

Sekian penjelasan dari kami tentang Pengertian, Fungsi, Bagian dan Jenis Teleskop, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga >>>


Loading...